Home » Networking » OpenVPN… Apa dan bagaimana..?

OpenVPN… Apa dan bagaimana..?

Oke mas mbak, sering kali kita mendengar dan membaca tentang OpenVPN. Sebenernya apa sih OpenVPN itu.. dan apasih kegunaannya.? OpenVPN adalah aplikasi open source gratis untuk Virtual Private Networking (VPN), dimana aplikasi tersebut bekerja membuat koneksi point-to-point tunnel yang telah terenkripsi. OpenVPN menggunakan private keys, certificate, atau username dan password untuk melakukan authentikasi dalam membangun sebuah koneksi.

Mengapa pakai OpenVPN dan apa keuntungannya.? Tentu ada beberapa maanfaat yang bisa kita dapatkan jika koneksi kita menggunakan OpenVPN, tapi secara simplenya beberapa keuntungan jika kita menggunakan OpenVPN yaitu :

1. Anonymous surfing .Anda menjelajah internet tanpa terlacak IP aseli Anda, karena IP kita akan terdeteksi IP lain (anonymous) sesuai dengan IP server VPN yang dipakai. Jadi kita online aman dari hacker.
2. Keamanan informasi yang Anda terima atau kirim melalui internet dengan enkripsi standar VPN 128 bit /1024 bit.
3. Dapat mengakses apapun itu situs-situs yang diblokir. Sekarang undang-undang IT semakin ketat saja, akibatnya banyak situs-situs lokal ataupun internasional yang kena blokir. Nah solusinya Anda bisa menggunakan OpenVPN ini untuk tetap dapat mengakses/unblock situs-situs tersebut.
4. Menjaga keamanan username dan password kita saat login ke website-website financial dari sniffers. Dan masih banyak lagi…

Selain keuntungan di atas, yang lebih populer lagi di kalangan masyarakat pada saat ini yaitu OpenVPN dimaanfatkan untuk bisa menikmati Akses Internet Gratis. Kenapa bisa gratis.? panjang ceritanya.. hehe. Yang jelas, arti gratis di sini Anda tidak perlu lagi membutuhkan pulsa ataupun langganan bulanan untuk menikmati akses internet. Karena biasanya dengan pulsa 0 pun jika sudah digandeng dengan VPN pasti bisa jalan dan Anda tetap bisa browsing. Dan untuk provider yang biasa digunakan yaitu hampir semua provider di Indonesia ini bisa di VPN. Untuk GSM biasanya Telkomsel (Simpati dan As), Indosat (Im3 dan Mentari), XL, Three, Axis. Sedangkan untuk CDMA biasanya Smart, Fren, Esia, AHA, dan Flexi. Untuk kecepatannya sendiri tergantung dari sinyal dan padat tidaknya trafik BTS yang tercover di daerah Anda. HSDPA dan EVDO adalah minimal jaringan yang harus didapatkan untuk mendapatkan koneksi lebih cepat, walaupun untuk EDGE, GPRS, atau CDMA1x sekalipun juga bisa. Mungkin modem Anda bisa ditambah External Antenna untuk mendapatkannya jika tanpa antena tidak dapat jaringan tersebut.

Untuk menggunakannya, sangat mudah dan simple. Yang Anda perlukan hanya menginstall software OpenVPN client di PC atau laptop (dapatkan gratis di openvpn.net), dan memasukkan file konfigurasi VPN client yang bisa Anda dapatkan dari si penjual VPN ini dan juga username password untuk login ke server VPN. Saya juga menyewakan VPN ini, dan biasanya itu perbulan. Server VPN saya menggunakan server USA, saya pakai server USA karena kebanyakan web hosting itu adanya atau sewanya dari USA. Jadi browsing pastinya akan terasa lebih cepat. Untuk harga sendiri biasanya saya kasih 50rb perbulan, dan itupun bisa dinego nanti.. :) Dan bagi yang sudah langganan terus bisa saya kasih diskon khusus.. hehe.

Selain itu, saya juga menyewakan VPS Server USA untuk VPN dan juga jasa install VPS untuk OpenVPN sekaligus installernya. Untuk harga ataupun keterangan lebih lanjut bisa kontak saya di menu contact me di atas.

OpenVPN… Apa dan bagaimana..?

Related Posts :

Tags: , , ,

This entry was posted on Friday, September 23rd, 2011 at 1:27 am and is filed under Networking. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

6 Responses to “OpenVPN… Apa dan bagaimana..?”

contet September 23rd, 2011 at 2:23 am

mantaph gan… lanjutkan.. :D

denbagus September 23rd, 2011 at 2:26 am

injih ndoro kawul.. wakakak

asep June 1st, 2013 at 4:00 pm

benar gak sih gan vpn lebih banyak scamnya ?

sigit January 16th, 2014 at 5:16 am

bedanya menggunakan vpn dengan ssh apa gan? sepertinya ip kita sama2 g terlacak ya?

NUR January 23rd, 2014 at 6:17 pm

M YONO NO HP MU BRP

anto October 1st, 2014 at 4:33 am

mas yon bisa minta no hpx soalnya cara pembelian ssh mas sya ga’ tau….

Leave a Reply